JASA EKSPEDISI

Indonesia yang terdiri atas beribu-ribu pulau, punya tingkat kesulitan sendiri dalam hal distribusi barang dan jasa. Setiap kabupaten dan kota punya hasil bumi sendiri dan untuk distribusi ke kota-kota lain, kadang sulit karena terpisah oleh lautan luas yang membentang. Dalam hal inilah maka membutuhkan pesawat dan kapal laut untuk distribusi barang dari satu kota ke kota lainnya yang terpisah oleh lautan.

Kebutuhan jasa ekspedisi menjadi mutlak diperlukan, karena perusahaan jasa inilah yang memfasilitasi pengiriman barang dari satu kota ke kota lainnya. Perusahan jasa ekspedisi sangat membantu dalam hal pengepakan barang, penjemputan dari alamat pengirim/ pemilik barang, hingga pengantaran ke lokasi yang dituju.

Ada banyak perusahan ekspedisi, tetapi semuanya dibedakan dari alat transportasi yang dipakai. Ada perusahaan jasa ekspedisi yang dalam pengirimannya menggunakan kereta api, pick up, truck fuso dan pengirimannya hanya sebatas di dalam satu pulau. Ada juga yang menggunakan pesawat terbang dalam hal pengiriman mengutamakan kecepatan waktu pengiriman. Barang yang dikirimkan akan tiba lebih cepat karena menggunakan pesawat bisa tiba dalam waktu singkat.

Jasa ekspedisi lainnya adalah menggunakan kapal laut untuk pengiriman barang. Ada berbagai jenis kapal, ada kapal fery yaitu kapal yang biasa memuat penumpang maupun barang, ada kapal general cargo, ada kapal container, ada kapal tanker yang khusus memuat minyak atau gas dan ada juga kapal tongkang untuk pengiriman material ataupun hasil tambang seperti batubara.

Kelebihan dan Kekurangan Tiap Jasa Ekspedisi.

Setiap jasa ekspedisi punya market tersendiri, dan masing-masing punya fokus sesuai alat angkut yang dipakai. Jika ekspedisi udara umumnya melayani banyak jurusa tetapi ekspedisi darat dan ekspedisi laut biasanya hanya kakan melayani rute-rute tertentu siupaya lebih fokus. Berikut sedikit penjelasan kelebihan dan kekurangan tiap ekspedisi:

  • Ekspedisi udara / cargo udara punya kelebihan dalam waktu pengiriman. Barang yang dikirimkan akan tiba lebih cepat ke alamat penerima meskipun di kota yang jauh sekalipun, karena seperti contoh penerbangan Jakarta-Manado hanya membutuhkan waktu 3 jam. Tentu dengan cargo udara barang akan tiba lebih cepat, hanya tarif kirim yang dikenakan juga sebanding. Tarif kirim akan lebih mahal dan dikenakan biaya per kilogram.
  • Ekspedisi kereta api dan truck antar kota punya kelebihan di harga yang sedang atau tidak terlalu mahal dan waktu pengiriman yang juga tidak terlalu lama. Pengiriman dengan kereta api tentu lumayan cepat dan jika dengan truck, selama jalan yang delewati cukup bagus, maka pengiriman akan lancar-lancar saja. Kekurngannya yaitu terbatas di dalam satu pulau dan tidak bisa menjangkau pulau lain.
  • Ekspedisi dengan kapal cepat/ fery punya kelebihan bisa mengirimkan barang ke kota lain di luar pulau dalam waktu relatif cepat yaitu 2-3 hari. Kekurangannya tidak bisa mengirim dalam jumlah sangat banyak kerena setiap kapal fery selain memuat barang juga memuat penumpang pada setiap pelayarannya. Selain itu jika mengirim daklam jumlah besar maka tarif pengiriman juga akan mahal karena biaya kirimnya dihitung per kilogram.
  • Ekspedisi dengan kapal kontainer punya kelebihan yaitu harga pengiriman akan jauh lebih murah dibanding menggunakan kapal cepat. Tarif pengiriman dihitung per m3 atau per Ton. Kelebihan lain jika di tata di dalam kontainer maka saat pelayaran, maka barang yang dikirimkan terhindar dari air laut, air hujan, rusak saat proses muat ke kapal, serta resiko-resiko lain yang bisa timbul. Kekurangannya adalah di masalah waktu saat pengiriman, kapal kontainer berlayar dengan kecepatan sedang dan mebutuhkan waktu 2-3 hari untuk bongkar muat di pelabuhan.
  • Ekspedisi dengan kapal General Cargo punya kelebihan di masalah harga dan ruang muat. Tarif pengiriman dengtan General Cargo lebih murah seperti pengiriman dengan kapal kontainer. Selain itu ada barang-barng tertentu ang tidak bisa dimuat di kontainer karena membutuhkan ruang muat yang lebih luas. Contohnya material besi yang panjang-panjang, tanki yang volumenya besar-besar, atau mobil truck fuso dan alat berat yang hanya bisa dimuat di kapal General Cargo. Kekurangannya adalah kurang bagus untuk memuat barang logistik yang rawan terkena hujan atau air laut.

Untuk ketersediaan sarana angkutan ke kota-kota di luar jawa, maka perusahaan kami menyediakan jasa ekspedisi  dari Surabaya ke kota-kota di pulau Sulawesi. Kami menyediakan kontainer 20 feet & 40 feet dan pengiriman dengan kapal kontainer ke kota-kota pelabuhan di Sulawesi
Berikut kota-kota di pulau sulawesi yang kami layani pengirimannya:
1. Makassar dan sekitarnya
2. Pare-pare
3. Kendari, Kolaka dan daerah sekitarnya
4. Palu, Pantoloan, Donggala dan sekitarya
5. Luwuk
6. Toli-toli
7. Gorontalo, Kwandang dan daerah sekitarnya
8. Manado, Bitung, Tomohon, Tondano, Minahasa, dan daerah sekitarnya
Dengan tersedianya sarana angkutan yang memadai maka penyaluran kebutuhan logistik, kebutuhan sandang, pangan, material perumahaan, dll, akan merata di seluruh wilayah Indonesia. Sehingga akhirnya pembangunan di negara kita akan bertumbuh pesat dan tingkat perekonomian rakyat Indonesia tentu akan lebih baik.

EKSPEDISISULAWESI.COM
CV Gloria Indah Trans, Jl Tanjung Raja II No 18, Surabaya.
Telp 031 3538532 HP. 0813 4646 5430, 081 3322 49410